WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 24 November 2011

Bendungan atau Waduk Besar yang Ada di Indonesia

Sebagai makhlik hidup manusia memerlukan air untuk berbagai kepentingan. Seperti kepentingan irigasi dan lainnya. Untuk itu perlu sebuah penampungan yang dapat menampung air dalam jumlah banyak untuk mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat. Maka dari itu dibangunlah waduk atau bendungan. Bendungan selain sebagai tempat untuk menampung air, juga dapat digunakan sebagai tempat cadangan air saat terjadi musim kemarau. Kali ini aku akan berbagi waduk-waduk atau bendungan besar yang ada di Indonesia. 

1. Bendungan Sigura-gura
Bendungan ini terletak di Sumatera Utara. Mulai dibangun tahun 1978 dan selesai tahun 1981.Bendungan
ini digunakan untuk pembangkit listrik yang dapat menghasilkan llistrik dengan daya 1868 GWH/thn .

2. Bendungan Batu Tegi
 Bendungan Batu Tegi ini terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bendungan ini dibangun dari dana APBN dengan bantuan Japan Bank for International Cooperation. Bendungan ini berfungsi sebagai pembangkit listrik dan penyedia bahan baku untuk air minum wilayah Kota Bandar Lampung, Metro dan daerah Beranti di Kabupaten Lampung selatan.

 3. Waduk Jatiluhur
Waduk Jatiluhur terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta (±9 km dari pusat Kota Purwakarta).Bendungan Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan itu dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 / tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia. Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh PT. PLN (Persero).

4. Waduk Gajah Mungkur
 Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun di akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978. Waduk dengan wilayah seluas kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan ini bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat. Waduk ini juga merupakan tempat wisata yang sangat indah.

5. Bendungan Karangkates
Bendungan Karangkates atau yang sekarang biasa disebut dengan Bendungan Sutami terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bendungan yang airnya berasal dari Sungai Brantas. Bendungan ini dibangun tahun 1975-1977 dengan dana sekitar Rp.10.093 milyar untuk dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Untuk dapat mencapai Bendungan Karangkates relatif mudah (menggunakan kendaraan umum), karena lokasinya berada di tepi jalan raya Malang-Blitar, sekitar 35 kilometer di sebelah selatan Kota Malang atau 16 kilometer arah barat obyek wisata Gunung Kawi.

6. Bendungan Wonorejo
Bendungan Wonorejo adalah bendungan yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Letak dari pusat kota diperkirakan sejauh 12 kilometer. Dengan kapasitas sekitar 122 juta meter kubik, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Bendungan Wonorejo diresmikan pada tahun 2001 oleh Wakil Presiden Indonesia pada tahun tersebut, yaitu Megawati Sukarnoputri, setelah dibangun selama hampir 9 tahun sejak 1992. Bendungan Wonorejo memiliki fungsi penting sebagai salah satu pusat tenaga listrik dan sumber air minum di Provinsi Jawa Timur. Bendungan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk pencegah banjir di Tulungagung yang dulu sering melanda kota tersebut, bersama Bendungan Neyama di Kecamatan Besuki.

7. Bendungan Riam Kanan
Bendungan Riam Kanan terletak di Kalimantan Selatan. Mulai dibangun tahun 1963 dan selesai 1973. Di bendungan Riam Kanan ada tiga unit turbin yang setiap hari mengolah arus air dari bendungan sampai menghasilkan energi listrik yang selama ini sudah dinikmati. Waduk riam Kanan sendiri dibangun dengan membendung 8 buah sungai yang mengalir di kawasan Riam Kanan.

8. Bendungan Batujai
 Bendunga Batujai merupakan bendungan terbesar di Lombok. Bendungan ini terletak di Desa Batu Jai Kecamatan Praya, Lombok Tengah (Lombok Tengah) sekitar 15 km dari Praya.

9. Bendungan Tilong
 Bendungan Tilong terletak sekitar 16 km dari Ibukota Propinsi NTT Kupang. Bendungan ini senantiasa menjadi sebuah obyek wisata yang cukup digemari oleh masyarakat Kota Kupang, pada hari-hari libur bendungan ini mendapatkan angka kunjungan rata-rata 300 sampai 700 orang perhari. Memang pada musim kemarau debit airnya sangat kecil namun demikian pemandangan indah akan terlihat pada musim hujan ketika volume air Tilong meluap. Bendungan Tilong juga sangat membantu masyarakat sekitarnya untuk mendapatkan suplay air bagi irigasi persawahan dan perkebunan. Disepanjang jalan menuju Tilong akan terlihat pemandangan berupa hamparan pohon lontar.

10. Bendungan Bili-Bili
 Bendungan Bilibili adalah bendungan terbesar di Sulawesi Selatan, yang terletak di Kabupaten Gowa, sekitar 30 kimlometer ke arah timur Kota Makassar. Bendungan ini diresmikan Presiden Megawati Soekarnoputri tahun 1999. Bendungan dengan waduk 40.428 hektar ini dibangun dengan dana pinjaman luar negeri sebesar Rp 780 miliar kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). Bendungan Bilibili menjadi sumber air baku bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gowa dan Makassar.

itulah beberapa bendungan besar di Indonesia yang bermanfaat bagi persediaan air di Indonesia. Dan juga sebagai pembangkit listrik. 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Om Copi dolo ya bwat pr Aku untung ada ini

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers