WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 06 Desember 2011

Faktor Kenapa Saat Ulangan Kita Menyontek!!!!!!!

Udah dua hari Ulangan Akhir Semester berjalan. Sejauh ini memang belum terlalu mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal yang keluar. Tapi, tau deh nanti!!! yaaa moga aja tidak terjerumus ke lembah hitam percontekan. Ya, ya, ya, sudah menjadi rahasia umum kalo setiap ulangan selalu dibarengi dengan event contek-menyontek. 
Memang kalo soal menyontek sulit sekali dihindari. Baik saat ulangan harian disekolah, ulangan
akhir semester seperti sekarang, bahkan di ujian nasional, dan seleksi pegawai negeri pun ada aja yang nyontek.
Sekeras dan seketat apapun pengawas mengawasi setipa peserta selalu ada yang berhasil menyontek. Cara-cara untuk nyontek semakin berfariasi. Dari melirik temen sebelah, membuat contekan kecil, sampai memanfaatkan hp dan kemudian bertanya ke siapa lagi kalo bukan Mbah Gugel (google). Aku akui aku juga pernah dan bahkan sering juga sih masalah yang satu ini. Tapi untunglah belum ketahuan dan jangan sampe ketahuan.
Urusan menyontek pasti setiap orang pasti punya alasan menyontek, dan mungkin inilah alasan kebanyakan dari kita untuk menyontek (menurutku).

1. Karena memang kita tidak bisa sama sekali karena tidak memperhatikan materi yang di sampaikan oleh Ibu/Bapak Guru. Saat seperti ini kebanyakan tidur atau ngerumpi saat guru sedang menerangkan pelajaran di hari itu.
2. Karena tidak menguasai salah satu pelajaran. Seperti yang diatas, tapi ini untuk salah satu mata pelajaran. 
3. Lupa dengan pelajaran yang telah di pelajari. Penyakit masal yang sering menimpa setiap orang. Saat KBM (kegiatan belajar mengajar) mungkin kita angguk-angguk pertanda mengerti. Tapi saat ujian tiba, saking banyaknya materi yang harus kita ingat. Dan akhrinya hilanglah pelajaran tersebut dari otak kita entah kemana.
4. Karena ingin nilai bagus dan tidak ingin di remedial. Nilai bagus, itulah yang diinginkan setiap orang saat ujian. Jadi mereka menginginkan nilai yang bagus dengan cara instan, yaitu menyontek.
5. Hilangnya sumber bacaan. Ini mungkin karena kelalaian kita. Sehingga sumber bacaan untuk belajar kita hilang dan waktu ulangan atau ujian sudah mepet. Dan cara terakhir adalah nyontek.
Itu mungkin faktor-faktor yang menyebabkan kita unutk menyontek. Sebernanya menyontek dapat kita hindari dengan belajar dengan sungguh-sungguh tentunya. Kalo kita tidak menyukai satu pelajaram karena kita tidak menyukai guru yang mengajar, kita harus belajar dari teman kita. Terus harus percaya diri dengan jawaban kita sendiri. Kerjakan semampunya, kalo nilainya jelek kan masih ada remedial.Jadi kita bisa belajar lagi di bagian mana yang kita tidak bisa. 
Hah! Bisa-bisanya nulis kayak gitu. Padahal aku sendiri masih suka nyontek. Tapi mudah-mudahan dengan yang aku tulis tadi menjadi pemicu untuk tidak lagi menyontek. 
Sekian dulu. Mau belajar buat Ulangan Matematika besok. Dan tidak lupa juga, nyiapain contekan#gubrak. (kidding) :p. 












0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers