WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 19 November 2011

Lokomotif Kereta Api Indonesia

Pasti kalian pernah bahkan sering menggunakan alat transportasi kereta api. Karena kereta api merupakan alat transportasi masal yang murah. Selain itu daya angkut kereta api sangat banyak. Kali ini aku akan menampilkan lokomotif kereta api yang pernah dan sedang beroperasi di Indonesia. Lokomotif memiliki peran penting di kereta api. Tanpa lokomotif, kereta tidak akan dapat berjalan karena tidak ada yang menariknya. Kita mulai.

1. BB204

Beroperasi sejak 1981 dan mempunyai kecepatan maksimum 60 km/jam dengan mesin derdaya 1230 HP. Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.


2.CC20
Lokomotif merupakan yang terberat yaitu 108 ton. Dibuat General Motors Kanada. Lokomotif merupakan lokomotif untuk pengangkutan batu bara di Sumatera Selatan. memiliki daya mesin sebesar 2250 HP.

3.CC201
Lokomotif dengan daya mesin 1950 HP buatan General Electric.

4.CC200
Lokomotif diesel pertama yang dipesan dari General Electric Amerika Serikat pada awal 1950-an. Lokomotif ini memiliki daya mesin 1750 HP.

5. D300

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.Lokomotif ini dapt digunakan sebagai penarik gerbong penumpang maupun barang. Loko ini mulai beroprasi tahun 1968.

6.D301
 Loko diesel hidrolik buatan Fried Krupp, Jerman merupakan seri lanjutan dari D300. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. beroperasi sejak 1962.


7. BB 306
Loko ini sering digunakan untuk menarik kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota.
Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang.

8. BB 305 (Jenbach)
 Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam dengan satu kabin masinis. Dinamakan Jenbach karena dibuat oleh pabrik Jenbacher dari Austria. Mulai beroperasi sejak 1978.


9. BB 305 (CFD)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk menarik kereta barang.
10. BB304
Lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Dapat menempuh kecepatan hingga 120 km/jam dengan daya mesin 1550 HP. Loko ini dapat menarik kerata penumpang maupun barang.
11. BB 303 

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP berkecepatan maksimum hingga 90 km/jam. Merupakan lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973. Dapat menarik kereta penumpang maupun barang.
12. BB 301  
 Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif 52 ton. Merupakan lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman.Loko ini dapat mencapai kecepatan 120 km/jam.
13. BB 300 

Lokomotif ini dapat menempuh kecepatan maksimum  75 km/jam, buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai beroperasi sejak 1958. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP

14. BB 203
Lokomotif BB 203 buatan General Electric yang beroperasi sejak tahun 1978. 

15. BB 202
Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki hidung. Lokomotif ini berdaya mesin 1100 HP.

16. BB 201
Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 1964. Lokomotif ini memiliki daya 1425 HP.

17. BB 200

Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak tahun 1957. Dengan daya mesin 950 HP mampu menempuh kecepatan 110 km/jam.

18. CC 203
Lokomotif CC 203 buatan General Electric seri U20C merupakan pengembangan desain dari lokomotif CC201, yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis, serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar. lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150 HP.
19. CC 204
Lokomotif CC 204 adalah salah satu jenis lokomotif yang dibuat khusus di Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara PT General Electric Lokomotif Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yang bentuknya seperti CC201, dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203.


1 komentar:

supono mengatakan...

Udah lengkap alat transportasi di jawa kususnya dari jakarta banyuwangi . mulai dari sebelum Indonesia merdeka atau kurang lebih 1.5 Abad. mulai dari tenaga Uap Sampai diesel bahkan terus dipaki sampai sekarang baik ekonomi dan Bisnis

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers